BERITA

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Screw Compressor Dan Kegunaannya!

Summary

Kompresor sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi kita, namun tidak sedikit juga dari kita yang belum mengetahuinya. Dan kompresor sendiri memiliki beberapa jenis salah satunya adalah screw compressor. Maka dari itu dalam artikel ini akan kita bahas mengenai apakah itu […]

Kompresor sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi kita, namun tidak sedikit juga dari kita yang belum mengetahuinya. Dan kompresor sendiri memiliki beberapa jenis salah satunya adalah screw compressor. Maka dari itu dalam artikel ini akan kita bahas mengenai apakah itu screw compressor dan apa saja kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian kompressor

Kompresor adalah sebuah alat atau mesin yang memiliki cara kerja untuk meningkatkan teanan udara atau fluida gas. Cara kerjanya yaitu sebuah kompresor menghisap udara kemudian dialihkan ke sebuah tempat yang bertekanan tinggi, kemudian dikeluarkan kembali untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan udara dalam suatu sistem.

Fungsi kompressor

Beberapa fungsi kompresor ada dibawah ini, yaitu:

  1. Pengisian udara pada ban
  2. Penyuplai udara bagi penyelam
  3. Sebagai penyuplai udara bersih pada tabung gas yang memiliki tekanan tinggi
  4. Penyuplai udara pada alat spray atau air brush seperti alat untuk ngecat
  5. Penyuplai udara bersih bertekanan besar pada pabrik seperti sistem purge yang ada pada pabrik semen.
  6. Sebagai penyuplay udara bersih seperti ada perkantoran, sekolah dan bangunan yang lainnya. hal tersebut seperti sistim helating, ventilation, dan air conditioning.

Pengertian screw compressor

screw compressor atau yang disebut dengan kompresor sekrup adalah jenis kompresor yang bertekanan tinggi. Kompresor sekrup ini banyak digunakan untuk menghasilkan tekanan udara dalam mesin pabrik.

Karena dapat menghasilkan udara yang bertekanan tinggi, maka kompresor sekrup banyak dimanfaatkan dalam bidang usaha besar seperti pada pabrik.

Kegunaan Screw Compressor

Beberapa kegunaan dari screw compressor kompresor adalah sebagai berikut.

  1. Industri keramik

Pada indutri keramik, alat ini digunakan dalam pengeringan atau menghilangkan kandungan air didalamnya.

  1. Pusat pembangkit listrik, pada hal ini khususnya adalah pusat pembangkit listrik tenaga uap.
  2. Industri makanan dan minuman
  3. Industri kimia

Cara kerja Screw Compressor

Daam sebuah screw compressor terdapat 2 screw yang bernama Air End. Screw ini berputar dalam ruangan yang digerakkan oleh motor. Kemudian keduanya akan menghasilkan hisapan pada intake valve dan menghassilkan udara yang  bertekanan. Udara bertekanan ini melewati lubang keluar atau dischrge.

Udara yang dihasilkan tadi kemudian dialirkan kedalam tangki separator. Fungsi dari tangki ini adalah untuk memisahkan udara yang memiliki tekanan tadi dengan oli. Yang bertugas dalam mengkap oli yaitu separator foam yaitu separator jenis busa.

Separator foam ini akan menangkap oli yang ada dalam tabung separator yang fungsinya memisahkannya dengan udara yang bertekanan. Setelah ditangkap oleh separator foam, oli akan jatuh ke dasar tangki, dan terpisah dengan udara yang akan melewati separator dan lanjut ke tahap berikutnya.

Tahap berikutnya yaitu tahap pendinginan udara. Karena udara yang yang bertekanan tadi memiliki suhu kisaran 80-90 derajat celsius, maka dilakukanlah penddinginan melalui air dischange yang emudian akan didinginkan di air cooler atau pendingin udara.

Namun sebelum masuk kedalam pendingin udara, udara yang bertekanan tadi akan melewati filter udara yang berfungsi sebagai pemisah akhir udaraa dengan oli supaya benar-benar steril.

Beberapa fungsi kompresor screw seperti di atas apakah sudah membntu anda dalam memilih hal efektif untuk membantu pekerjaan anda dirumah? Salah satu yang bisa anda terapkan yaitu ketika sedang mengecat rumah, anda bisa memanfaatkan kompresor sebagai alat baantu anda. dengan memanfaatkan kompresor, maka akan lebih hemat waktu dan tenaga, karena pengerjaanya akan lebih cepat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *